Pengalaman Tes dan Interview di Indomaret

Assalamu'alaikum..
Halo semuanya. Di sini saya akan memberitahukan kepada kalian mengenai pengalaman saya sendiri tentang Walk in Interview di Indomaret.

Awal mula saya mengetahui adanya lowongan pekerjaan di Indomaret itu dari grup Whatsapp yang berisikan lowongan-lowongan pekerjaan. Baik itu pabrik, pelayan restoran, kafe, minimarket, dan lain sebagainya. Saya sebetulnya sedari lulus SMA sudah berniat untuk bekerja di minimarket seperti Indomaret ini. Dan alhamdulillahnya ada lowongan. Tanpa pikir panjang, saya dan salah satu teman saya yang saya kenal lewat grup Whatsapp itu langsung tancap gas mempersiapkan segala berkas persyaratan yang harus dipenuhi.

Adapun persyaratannya antara lain:
1. Surat Lamaran Kerja
2. Daftar Riwayat Hidup
3. Foto berwarna ukuran 4x6 1 lembar
4. Foto copy KTP
5. Foto copy Kartu Kuning (Kartu Tanda Pencari Kerja)
6. Surat Keterangan Kesehatan
7. Foto copy Ijazah
8. Foto copy SKHUN
9. Foto copy KK
10. Foto copy SKCK

Setelah saya mengumpulkan setiap persyaratan tersebut, saya berangkat ke Indomaret pada tempat dan tanggal yang telah ditentukan. Saya tiba di Indomaret pukul 7 lebih. Di sana saya bertemu dengan teman saya yang baru saya kenal lewat WA itu. Kami mengobrol tentang masalah prosedur pekerjaan. Saat saya datang pun, sudah ada cukup banyak orang yang hendak melamar dengan memakai baju putih dan celana hitam seperti yang saya kenakan. Setelah berbincang dan mengobrol cukup lama, akhirnya tepat pada pukul 8 pagi HRD Indomaret memanggil para pelamar untuk masuk. Kami masuk ke gudang Indomaret, lalu kami disuruh untuk membariskan diri. Oh ya, saat itu jumlah kami kira kira 30 orang lebih.

Setelah berbaris cukup rapi, HRD tersebut (Pak Irfan) menyuruh kami untuk mengumpulkan berkas-berkas persyaratan untuk melamar kerja. Kami langsung dipanggil satu per satu untuk memperkenalkan diri masing-masing.

Adapun hal-hal yang harus diperkenalkan yaitu:
1. Nama Lengkap
2. Tempat dan Tanggal Lahir
3. Status
4. Pendidikan
5. Jurusan
6. Pengalaman kerja

Setelah kami selesai memperkenalkan diri, kami disuruh mengisi No Absen, Nama, dan Tempat tanggal lahir di sebuah kertas untuk Pak Irfan data.

Selanjutnya, Pak Irfan menyuruh kami duduk (di lantai). Beliau menjelaskan mengenai PT. Indomarco, Indomaret. Beliau juga menyebutkan prosedur bekerja di indomaret.

Setiap karyawan bekerja shif, shif satu dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore, sedang shif dua dari jam 4 sore sampai jam 10 malam. Setiap sebelum bekerja tentunya para karyawan harus membereskan apapun terlebih dahulu sebelum melayani pembeli. seperti merapikan produk, membersihkan lantai, kaca, menghidupkan komputer, menyetel musik, dan lain sebagainya. Karna itu setiap karyawan harus sudah berada di Indomaret sebelum jam 7 pagi.

Jikalau para pelamar berhasil lolos dan diterima di Indomaret, mereka harus menjalani training terlebih dahulu. Adapun training untuk laki-laki 9 hari dan untuk perempuan 11 hari. Contoh training yang akan kami jalankan yaitu cara berbicara yang baik kepada pembeli, menawarkan produk, mengepel lantai, bermakeup bagi para wanita, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang masalah kontrak kerja. Menjadi pekerja di Indomaret ada dua pilihan. Menandatangani kontrak atau tidak. Jika tidak, maka karyawan akan digaji per hari. Namun, konsekuensinya, karna tak terikat kontrak, perusahaan jadi dapat mengeluarkan karyawan tersebut jika sudah tidak dibutuhkan lagi. Beda halnya dengan karyawan yang telah terikat kontrak. Jika karyawan telah menandatangani kontrak, namun sebelum kontraknya habis karyawan tersebut malah ingin keluar dari Indomaret, maka ia harus membayar denda setara dengan banyaknya gaji dari lamanya sisa kontrak yang masih ada. Hal ini juga berlaku bagi Indomaret itu sendiri. Jika karyawan masih terikat kontrak, namun pihak Indomaret mengeluarkan karyawan dengan tanpa alasan yang dapat membuat karyawan dikeluarkan (Misal berbuat kriminal), maka pihak Indomaretlah yang harus membayar denda kepada karyawan tersebut.

Beliau juga menyebutkan pahitnya bekerja di indomaret. Seperti harus tetap masuk pada saat hari libur, misal tanggal merah dan hari besar Nasional.

Setelah Pak Irfan menjelasakan dengan panjang lebar. Tibalah saatnya untuk sesi Tes Psikotes.

Di tes Psikotes ini kami diberi 6 jenis soal Psikotes.
-Jenis pertama menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan waktu yang amat terbatas. Yakni 10 menit untuk 50 soal. (Di bagian ini saya cukup keteteran)
-Jenis kedua yaitu soal cerita matematika 20 soal hanya 10 menit.
-Jenis ketiga Aritmatika sederhana 20 soal.
-Jenis keempat yaitu mengenai 4 macam gambar lalu pilih 1 gambar kelanjutannya. (Saya lupa namanya)
-Jenis kelima melihat persamman atau perbedaan antara dua hal. Dikerjakan hanya 1 menit dengan banyaknya 20 soal. (huft)
-Jenis keenam mohon maaf saya lupa. (hehe)

Setelah itu, kami disuruh menunggu sekitar 20 menit untuk Pak Irfan memeriksa hasil dari tes kami.

20 menit berlalu. Kami telah berada di ruangan tempat kami tes. Dengan berdebarnya, Pak Irfan mengumumkan bahwa hanya 30% yang memiliki nilai lebih dari standar. Yaitu sekitar 10 orang lebih. Beliau memanggil nama demi nama kami satu per satu. Nama sayapun disebut. Dengan perasaan takut dan campur aduk, beliau mengumumkan kalau nama-nama yang disebutkan tadi adalah nama-nama yang berhasil lolos ke tahap selanjutnya.
Alhamdulillah, ada sekitar 13 orang yang berhasil lolos, dan saya salah satunya.

Tahap selanjutnya yaitu mengisi formulir. Seperti biodata, data keluarga, hobi, riwayat kesehatan, kegiatan yang pernah dijalani (Misal organisasi di sekolah), ukuran pakaian, dan lain sebagainya.

Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 12 siang. Kami disuruh beristirahat dulu 1 jam untuk menjalani sesi selanjutnya, yaitu sesi wawancara.

Sesi wawancara pun tiba. Kami diwawancarai satu per satu. Kami menunggu di luar ruangan. Wawancara tersebut anehnya cukup lama. Tak seperti biasanya. Tibalah bagian saya untuk diwawancara. Sebagian besar isi wawancara tersebut yaitu mengenai pertanyaan yang ditanyakan di formulir yang telah kami isi sebelumnya. Hanya saja memang ada satu dua pertanyaan lain. Kami juga dites mata. Apakah berpenglihatan normal atau tidak.

Setelah itu kami disuruh membaca setiap prosedur dalam bekerja di Indomaret. Jika setuju, maka tanda tangan. Dan saat itu saya memilih setuju.

Setelah wawancara selesai, beliau akan menghubungi kami dalam waktu kurang dari 2 minggu. Jika dalam waktu kurang dari 2 minggu kami dihubungi oleh pihak Indomaret, maka kami lulus dan langsung menikuti training. Namun jika tidak, itu berarti bukan rezeki, dan pasti Allah sudah tau dan mempersiapkan pekerjaan atau hal yang jauh lebih baik untuk kami. Aamiin...

Itulah pengalaman singkat saya dalam Walk in Interview di Indomaret. Jikalau saya diterima, Insya Allah saya akan membagikan pengalaman saya kepada kalian tentang Pengalaman Kerja di Indomaret. Mohon dukungannya..



 

Comments

  1. Di Indomaret ada cek fisiknya ga ka, kaya disuruh buka baju buat liat ada tatto apa ngga di badan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, disuruh buka baju bagi yg laki-laki. Diperiksa tindik dan tatto

      Delete
    2. Kalau untuk cwek dicek juga gak?

      Delete
  2. Bagaimana, mbak? Apakah sudah mendapat panggilan atau informasi selanjutnya?

    ReplyDelete
  3. Untuk yang berkacamata gimana kak? apakah ada kesempatan direrima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkacamata kemarin aku gj lolos ka

      Delete
    2. lgsg disuruh plg apa gmn ka,aku berkacamata pgn bgt indomaret😭

      Delete
  4. Saya di suruh pulng dan menunggu 1minggu, tpi mungkn saya akan gagal, tpi setelah membaca ini, iya insya allah saya akan mendapat pekerjaan yg cocok kemudian hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga baru pulang dari kantor Indomaret setelah seharian ikut tes di suruh nunggu panggilan lagi 1 minggu ke depan

      Delete
    2. Sama persis kyk aku

      Positiv thinking aja mogs d panggil

      Delete
  5. Saya lolos tes tulis, wawancara
    Trus sm hrd nya disuruh nunggu 2mingguan buat panggilan training, nah ini udah hampir sebulan blm ada panggilan, tpi temenku barusan dapet panggilan buqt training, trus sy blom dapet panggilan, itu gimana? Masa saya gaa jadii 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo boleh tau ngelamar di Indomaret cab. Mana gan

      Delete
    2. Thn 2014 suami ku dlu nya temen ku sama sama nglamar di indomaret kalau dia pas tes interview langsung interview user dan langsung dikasih jadwal training, kalau aku suruh nunggu 2minggu tp ga ada hasil :(

      Delete
    3. Maaf kak, itu test tulisnya nggak pake kalkulator ya?

      Delete
  6. Apakah setelah kita mengikuti training langkah selanjutnya gimana ya mohon pencerahannya,soalnya ada tmn yg bilang di tes lgi semacem seleksi lgi gitu kalo udh training apa stlh habis training suruh ttd kontrak dikasih tau tmpatnya?

    ReplyDelete
  7. Temen saya yg sama2 daftar di indomaret udh dapet panggilan training lah saya kok belum ini padahal sama2 lulus interview :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu test hitung menghitung kita gak pandai kira" jebol enggak y

      Delete
  8. Yg pake kacamata bisa gak ya?

    ReplyDelete
  9. Ada yang pernah ngalamin. Saya udah mengikuti test psikotest 5 harian yang lalu tapi sayangnya saya engga kepanggil untuk tahapan interview. Tapi saya dapat email lagi untuk mengikuti test psikotest lagi besok. Apakah saya mencoba datang apa tidak perlu ?mohon sarannya .terimakasih

    ReplyDelete
  10. mau tanya dong saya udah bikin Surat Keterangan Sehat tapi bikinya bulan April kira kira saya bakal dipulangkan atau ga masalah ya ?

    ReplyDelete
  11. Boleh pakai kacamata ngga sih? Bener2 bingung dan takut kalo gboleh

    ReplyDelete
  12. Kalau masalah pengalaman kerja saya punya soal menghadapi palanggan mudan bagi saya karna saya perna kerja di ramayana bukittinggi sumbar dan perna jdi kasir di restoran ternama

    ReplyDelete
  13. Saya juga di sodorin peraturan indomaret saat interview dan disuruh ttd kalau setuju.
    Apakah ttd itu jadi tanda kita lulus? Mohon penjelasan nya abg2 dan kakak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngelamar harus pakai baju hitam. Putih / bebas yg penting kemeja ka?

      Delete
    2. Oh jadi yg disodorin kertas yg isinya peraturan kerja itu udah fix lulus ya kak? Soalnya aku juga kemaren abis interview suruh tanda tangan disitu

      Delete
    3. Diberi tahu lulus atau tidaknya brp hari ya ka setelah interveiw?

      Delete
    4. Andre boy, gimana udah dapet panggilan buat training belum kak?

      Delete
    5. Saat pemberkasan/interview apa kita disuruh tunjukin kk asli atau gak ya?

      Delete
  14. Saya sudah pemberkasan, tapi belum dipanggil untuk jadwal training. Bagaimana ya?

    ReplyDelete
  15. Mau nanya dong kan sya interview jd staf admin nah psikotest lolos lnjut interview hbs itu sruh nunggu lg 2 mnggu buat interview user apa itu gagal apa gmna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga udah interview dan tanda tangan tentang peraturan.
      Dan HRD bilang tunggu kabar selanjutnya dari pihak indomaret....
      Apa benar paling lama 2minggu?
      Dan jika pihak Indomaret tidak menelpon, apa saya dinyatakan gagal?

      Delete
    2. Lagi ngalamain juga, udah dpt panggilan ka? Aku juga interview user masalahnya disuruh nunggu

      Delete
    3. Gimana? Udah dapet panggilan ka?

      Delete
    4. aku uda tes psikotes trus lolos nah abis itu tahapan intrvw lewat video call. tapi sampe sekarang ga ada info lagi gimana lagi ya itu th??

      Delete
  16. Saat tahap training ada seleksi lagi ngga ka?

    ReplyDelete
  17. Saat pemberkasan/interview apa kita disuruh nunjukin kk asli? Ada yg tau gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wktu kka pemberkasan dikasi surat edaran buat traininng kan??? cm nunggu kapan2nya aja?nah apa itu nandakan llos ato gmna??

      Delete
  18. Mbak terimakasih ulasanya!saya berencana mau melamar kerja di indomaret.
    Semoga berhasil!!!!!

    ReplyDelete
  19. Terima kasi ya mba buat ulasannya. Sangat membantu. Semoga saya bisa diterima bekerja di indomaret. Aamiin 😭

    ReplyDelete
  20. @andre boy,
    gimana bang, udah ada panggilan lagi belum?

    ReplyDelete
  21. Kalau sudah interview dan ttd untuk menyetujui peraturan di Indomaret . Apakah lolos atau tidak ya?:( Pgn bgt kerja di Indomaret yaallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nihh saya juga udh lolos interview udh verifikasi berkas tpi suruh nunggu lgi untuk trainingnya tpi tmen sya ada yg udh di sruh training,, ini kira" bkal lolos gak sih...

      Delete
  22. Untuk pakaian wanita yang berjilbab memakai pakaian seperti apa ya ka? Apakah memakai kulot boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus celana jeans pensil gitu warna biru dongker atau hitam kalo ga salah

      Delete
  23. Guys, 2 Minggu kermarin kan gw gagal ditdi tahap psikotes, kalo bulan depan ikut lagi apakah bisa? Tolong dijawab biar bisa move on :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep bisa dan boleh jika mau test lagi

      Delete
    2. Bisa, asal jujur kalo udah pernah test .. dan nanti dicoba lagi, setelah 3 bulan .. waktu itu sii ibu'nya bilang gitu

      Delete
  24. kalu ga ada kartu tanda cari kerja bisa ga ya?

    ReplyDelete
  25. Mohon pencerahannya 🙏
    Jika sudah interview dan menandatangi peraturan yang dikasih sama HRD itu apa sudah dinyatakan lulus?
    Dan HRD ngasih tau tunggu kabar/tlpn selanjutnya dari pihak indomaret
    Apa kita harus nunggu paling lama 2minggu untuk dapat kabar/tlpn dari Indomaret?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana udh keterima/training blom skarang?

      Delete
  26. maaf mau nanya ini tes untuk bekerja di indomaret masih buka walaupun ada pandemik covid-19? jika buka, persyarataan apa saja yang perlu dibawa ? sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  27. Persyaratan
    Foto4x6
    Foto copy KTP
    Foto copy NPWP
    Surat lamaran
    Daftar riwayat hidup
    Foto copy KK
    Sertifikat pengalaman kerja jika ada
    Paklaring
    Foto copy SKCK


    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  28. Ka maaf mau tanya kalo tinggi nya 152 bisa ga yahh

    ReplyDelete
  29. Besok mau tes jd deg2an:') persyaratannya harus fotokopi semua ya? Saya dpt info dr temen suruh bawa yang asli semua

    ReplyDelete
  30. Kalau cowo rambut panjang dan dicet boleh gak?

    ReplyDelete
  31. Saya lolos tes psikotes trus udah intervie sama HRD seminggu lagi interview manager ini disuruh nunggu nnty dikbrin . Itu gimna gan agan sista

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo blh tau ngelamar utk posisi apa kk?

      Delete
  32. Mau nanya itu kalo habis interview emang wajib di kasi surat peraturan gitu yah buat tanda tangan, itu tanda lulus atw bukan si? Tapi kok aku tadi interview gak di kasi yah, bilangnya cuman suruh tunggu 1 bulan

    ReplyDelete
  33. Untuk staff office juga diukur tinggi? Padahal di requirement nya ngga ada?

    ReplyDelete
  34. Saya udh daftar udh pemberkasan dan tinggal training tpi ko blm ada panggilan training udh nunggu sebulan lebih.emng gabakal dipanggil atau karna covid yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak.. ? Ngelamar kerja nya dimana? Lewat online atau gmna.. kok kata tetangga ku PT Indomarco belum berani interview karna ada ckvid? Mohon info kak

      Delete
    2. Blh kak ngelamar aja lngsung ke kntrnya.indomart TANGERANG 1 atau tangerang 2...daerah curug bitung situ

      Delete
    3. Apakah sekarang sudah training ka ?

      Delete
    4. Halo kak, gmna? Sudah dpt panggilan lagi?

      Delete
  35. Saya udah dpt selembaran syarat untuk training tpi ko blm di panggil ya 😭😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak.. ? Ngelamar kerja nya dimana? Lewat online atau gmna.. kok kata tetangga ku PT Indomarco belum berani interview karna ada ckvid? Mohon info kak

      Delete
    2. Saya kmaren baru tes tertulis dan interview saya lolos udh ngumpulim berkas" dan beli perlengkapan tpi fi sruh nunggu lgi buat training sdangkan tmen sya udh di sruh training,, ini kira" bakal lulus atau engk ya?? Tpi udh ttd di atas matrai

      Delete
  36. Mau tnya dong kak ,pertanyaan apa saja yg di tny saat interview ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hrd yg pertama lebih mendetail tentang siapa kamu dan pengalaman" kamu kadang juga nyesuain pertanyaannya sama berkas yang kamu tulis sesudah psikotes

      Delete
    2. Kalau hrd yg pertama lebih mendetail tentang siapa kamu dan pengalaman" kamu kadang juga nyesuain pertanyaannya sama berkas yang kamu tulis sesudah psikotes

      Delete
  37. Replies
    1. Kak mau nanya, masuk ke indomaret usia 17 thn bisa ngga yaa tapi ktp udah ada minta pendapat nya kak:(

      Delete
  38. aku bertindik kira kira gimana ya kelanjutan nya? hari ini aku lagi interview

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak.. ? Ngelamar kerja nya dimana? Lewat online atau gmna.. kok kata tetangga ku PT Indomarco belum berani interview karna ada ckvid? Mohon info kak

      Delete
  39. Kak test soal nya susah ngga? Kalo ngga kejawab semua bisa lulus ngga?

    ReplyDelete
  40. Ka saya pas interview gk d suruh TTD kertas yg isinya siap penempatan dmna saja, tp tmen2 saya dapet. Apa itu berarti saya tidak lolos ?

    ReplyDelete
  41. Kan Udah Tes psikotes, Terus Lanjut Interview setelah Interview HRD bilang Tunggu 1-2 Minggu yah...
    Trus udh 5 hari ada SMS panggilan psikotes lagi itu gimana yah??

    ReplyDelete
  42. Sya calon pelamar kk nah tinggi badan sya agk kurang hanya 145cm apakah bise diterima?

    ReplyDelete
  43. Kalo mau kerja di indomaret apa ada tes buta warnanya ya kak?

    ReplyDelete
  44. Kmaren sya udh test tertulis &psikotest dan saat interview saya disuruh baca peraturan Indomaret oleh HRD dan disuruh tanda tangan apakah itu sudah pasti lulus dan dipanggil buat training katanya sih nunggu panggilan buat training besok/lusa/-minggu depan
    Mohon pencerahannya manteman:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngelamar nya lewat mana ya kaka? Saya pengen coba melamar tapi gatau lewat mana, saya orang sukabumi

      Delete
    2. Langsung diposko indomaret yg ditentukan sya org sambas kalbar

      Delete
    3. Gimana bro? Dipanggil training?

      Delete
  45. Kak kalw yang berkacamata bisa keterima gk ya?

    ReplyDelete
  46. Kak sayakan dapet panggilan buat psikotest, itu besok sebelom psikotest ada pengecekan tinggi badan lg kaga ya, soalnya tinggi badannya kemaren pas daftr onlin cuma kira2,

    ReplyDelete
  47. baru aja hari ini dipanggil buat ikut test, lolos dan udah di interview, kan disuruh berdiri ya ngukur tinggi kayanya, disuruh turunin masker sebentar, sementara saya lagi jerawatan dan ditanya jerawatan dari kapan. tapi habis itu dikasih peraturan dan ttd. disuruh nunggu maksimal 2 minggu, sedih banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak gimana udah dapat panggilan lagi belum?

      Delete
    2. ada yang tau ga kalo stlh pemberkasan ga di kabarin lg itu knp?

      Delete
  48. Kak kalo mata nya min gimana ya?

    ReplyDelete
  49. Ka kalau tinggi badannya engga 155 tpi 153 ke terima engga ka?

    ReplyDelete
  50. Ada yg mau bareng lamar di indomaret? Di DC 2 Tangerang

    ReplyDelete
  51. Ka kira" berapa lama ya dpat panggilan sehabis mengntar lamaran kerja?

    ReplyDelete
  52. Woahh hebat, Saya ngelamar 5 kali.. 2 kali ikut tes, tes yang pertama saya gagal, tapi di tes ke 2 saya ngerasa nilai saya tinggi karna saya sudah belajar sebelumnya dan memang niat bekerja disitu tapi sepertinya nama saya sudah ada dalam daftar tes sebelumnya yang gagal, diliriklah saya sama pak irfan, setelah istirahat menunggu panggilan nama saya lagi lagi tidak disebut.. Sedih rasanyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga gitu ☺
      Belum rejeki mungkin

      Delete
    2. Indo kan nyari yang gud luking bang biasalah

      Delete
  53. Kalo mau ngelamar ke indomaret itu hari apa aja khususnya?

    ReplyDelete
  54. Saya sudah di interview tapi di suruh nunggu selama 4 hari sedangkan teman saya sudah dapat undangan untuk training nya tadi sore

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah interview sama HRD nya disuruh nunggu dalam kurun waktu 1 Minggu ya kak?itu temennya dapat undangan training berapa setelah interview kak?

      Delete
    2. Kalo aku sih kmrn test nya tanggal 10 September, Trs di kasih informasi kalo lolos nya hari itu juga, Jadi tanggal 14 September nya udh interview

      Delete
  55. kemarin saya tes tulis lolos Tinggal nunggu interview kira kira berapa hari ya? Berapa banyak pertannyaany

    ReplyDelete
  56. Kak mau nanya saya kan sudah pernah tek psikotes, interview, sm tes fisik, tapi pas di tes fisik saya gagal karna tinggi saya kurang. Nah saya boleh gk tuh nyoba lg?

    ReplyDelete
  57. Saya di interview online kmrn tanggal 14 September di Indomaret, Tapi dsruh nunggu paling lama sebulan, Kira"bakal dipanggil atau ngak ya ?

    ReplyDelete
  58. permisii.. kalo telingaa ada bekas tindik kecil ( buntu ) bisa lolos ga yah..

    truss klo tes TB/BB diliat dari mana nya?

    ReplyDelete
  59. Casino de Paris 2020 - DrMCD
    Casino de Paris 2020 The casino is the 거제 출장안마 only one you can 부천 출장마사지 think of in Paris. It is owned and operated by D&C. The gaming 성남 출장안마 area 남원 출장마사지 of 보령 출장샵 Paris.

    ReplyDelete
  60. kan ak uda lolos tes, intrview, training kmrin 5hri sm ojt 2 hri nah pas uda hri klulusan ktanya dsruh nunggu kbar lgi 1-2mnggu kira" emg slma itu ya nunggu pnmptannny? tp pas sblm pulng kya diksi krtas buat pnilaian gitu si ke pimpinan shift tko gtu

    ReplyDelete
  61. Pda saat tes yg matematika gtu pke kalkulator ngak?

    ReplyDelete

Post a Comment